Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Sabtu, 27 Februari 2010


Bagaimana STRUKTUR Bahasa C ?
Apa kabar ,semoga selalu dalam keadaan sehat dan dimudahkan dalam segala urusan dan pastinya tetep semangat belajar .Ada pertnyaan yang masuk di email saya ,joko.part@yahoo.com,DAN pertanyaaanya sama persis dengan pertanyaan saya dulu ketika kali pertama mendapat mata kuliah Algoritma dan Pemrograman 1,dengan bahasa C.
“BAGAIMANA STRUKTUR BAHASA C?”
Strukur program c ++ sama seperti struktur program c terdahulu.Struktur pogram c ++ terdiri sejumlah blok fungsi .Setap fungsi terdiri dari satu atau lebih pernyataan yang menyatakan tugas tertentu.

Saya akan mencoba menjelaskan strukur bahsa C dalam contoh progam sederhana sebagai berikut:
***
// my first program in C++
#include
#include
void main ()
{
cout << "Hello World!";
getch();
}

Contoh program di atas memuat struktur penulisan bahasa C secara sederhana.Coba kita perharikan satu persatu
// my first program in C++
Baris ini adalah komentar. semua baris yang diawali dengan dua garis miring (//) akan dianggap sebagai komentar dan tidak akan berpengaruh terhadap program. Dapat digunakan oleh programmer untuk menyertakan penjelasan singkat atau observasi yang terkait dengan program tersebut. Pokoknya,intinya adalah kalau ada // ,KAGAK bakal di compile,karena itu Cuma komentar doang,…
#include / #include
Kalimat yang diawali dengan tanda (#) adalah are preprocessor directive. Bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler.
Dalam kasus ini kalimat #include memberitahukan preprocessor kompiler untuk menyertakan header file standard iostream. File spesifik ini juga termasuk library deklarasi standard I/O pada C++ dan file ini disertakan karena fungsi-fungsinya akan digunakan nanti dalam program. Begitu pula dengan #include ,ada beberapa jenis header yang bisa kita gunakan ,kedepanya kita akan pelajari itu,.sabar y,..step –by step dulu,,,(ALGORITMA NE…)
void main ()
Baris ini mencocokan pada awal dari deklarasi fungsi main. fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan mulai dieksekusi. Diletakan diawal, ditengah atau diakhir program, isi dari fungsi main akan selalu dieksekusi pertama kali. Pada dasarnya, seluruh program C++ memiliki fungsi main. main diikuti oleh sepasang tanda kurung () karena merupakan fungsi. pada C++, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung () dimana, dapat berisi argumen didalamnya. Isi dari fungsi main selanjutnya akan mengikuti,berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}), seperti dalam contoh.
getch ()
Intruksi ini merupakan hal untuk menahan tampilan hasil proses agar tetap tampil.Untuk menggunakan instruksi harus menggunakan header #include .
NAH,secara sederhana strukur bahasa C seperti itu,untuk kedepanya bisa dilakukan pengembangan sendiri.Mulailah dengan pembuatan program sederhana untuk memunculkan karakter atau tulisan.Selamat mencoba,…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..