Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Selasa, 16 Februari 2010

MANAJEMEN STRES

Manajemen Stress
Stres adalah suatu kondisi atau keadaan tubuh yang terganggu karena tekanan psikologis. Biasanya stres dikaitkan bukan karena penyakit fisik tetapi lebih mengenai kejiwaan. Akan tetapi karena pengaruh stres tersebut maka penyakit fisik bisa muncul akibat lemahnya dan rendahnya daya tahan tubuh pada saat tersebut.
Banyak hal yang bisa memicu stres muncul seperti rasa khawatir, perasaan kesal, kecapekan, frustasi, perasaan tertekan, kesedihan, pekerjaan yang berlebihan, Pre Menstrual Syndrome (PMS), terlalu fokus pada suatu hal, perasaan bingung, berduka cita dan juga rasa takut. Biasanya hal ini dapat diatasi dengan mengadakan konsultasi kepada psikiater atau beristirahat total,saya mengutip dari Wikipedia.
Untuk anak Indonesia yang dipundaknya ditaruhkan nasib bangsa dan Negara di masa yang akan datang ,katakana “PANTANG PUTUS ASA!SEMANGAT!
Lagi lagi saya menggebu – gebu mengatakan ini …(he..he….
Maaf,saya menggunakan judul manajemn stress,..unutk menarik perhatian temen – temen agar mau membca tulisan saya,..tapi emang bener kok,kali ini saya coba membahas tentang stress.
Beberapa waktu yang lalu ,saya mengikuti ujian semester dan soalnya berhubungan dengan kata stress.Yang diminta adalah pengertian dan langkah – langkah apa saja yang bisa digunakan untuk meredam stress.
Pad artikel saya sebelumnya sudah saya paparkan tentang bagimana menyikapi masalah dalam hidup,merubah paradigma dan mindset khususnya para remaja yang lagi beranjak dewasa mencari jati diri..(ehem….ehem….
Ya,sedkit reviu lah ,..kembali ke stress.(kayak Om Tukul ne,...he...
Stress identik dengan keadaan psikologi yang tidak stabil dan dekat dengan kata “emosi atau marah”.Pemicunya sangat banyak,kompleks dan bervariasi.
Secara umum ,penyebab stress adalah masalah yang membuat pelik pemikirian seseorang .Masalah itu misalanya,pekrjaan kanor yang menumpuk,masalah rumah tangga ,penyakit yang tak kunjung sembuh dan sebagainya.Mungkin juga masalah asmara...he...
. Dalam hidup,sudah menjadi hukum wajib akan adanya masalah dari bebagai aspek kehidupan .Tidak ada hidup yang lurus – lurus saja.Pasti ada kendala dan cobaan yang harus dihadapi bukan malah pergi dan dihindari.Sekalipun itu masalah Anda kehabisan bensin dalam perjalanan pulang dari kantor,..he….atau putus cinta dengan kekasih ..
Yakinlah bahwa setiap masalah ada jalan keluarnya dan setiap penyakit ada obatnya.Segala di dunia ini diciptakan berpasangan ,jadi tenang dan yakin kepada Tuhan .Dengan catatan kita harus berusaha .Bukan pasif berdiam diri Berfikir positif kudu diterapkan..
Masalah yang saya hadapi sangat sulit?
Jangan membunuh samangat dan keyakinan dengan pertanyaan yang melemahkan .Tersenyumlah dan katakan”Masalah ini akan saya selesaikan dengan mudah “.
Lakukan koreksi dan pembenahan.JIka temen – temen baru menerima kiritik dan saran ,berterimakasihlah.Berarti temen – temen teleh diberikan peluang untuk melakukan koreksi .SALAH ,jika temen – temen marah ketika mendapatkan kritik atau saran dari orang lain .
Kedua,temen – temen bisa curhat atau cerita kepada orang yang paling temen – teme percaya dan bijaksana (ehem...hm),kalau saya sudah pasti orang tua dong...nah,pastinya temen – temen ponye orang yang paling temen – temen percaya .Saya yakin kalau sudah berbagi cerita akan sedikit melegakan .
Yang terakhir ne,temen – temen dapat ilangin stress dengan melakukan hobi yang paling temen – temen sukai .Olah raga,menulis,nyayi atauyang lain.Tentunya kegiatan – kegiatan yang positif ya,.jangan malah lari ke NARKOBA dan Minum – minuman kerar,nanti bukan ngilangin stress atau masalah yang lagi temen – temen – hadapi ,justru malah akan menambah masalah baru.
tu dia,beberapa tips dari saya semoga berguna buat temen – temen semua.Kalau ada yang salah ,saya mohon koreksi .
Yang perlu saya garis bawahi disini adalah “yakinlah bahwa setiap masalah ada jalan keluarnya,setiap penyakit ada obatnya.Yang harus kita lakukan adalah “action”.lakukan dengan keyakinan bahwa Tuhan ada bersama kita”

Tetap semangat ,senyum dan ACTION!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..