Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Senin, 08 November 2010

Belajar Pascal

Tetang Bahasa Pemrograman Pacal
Jika kita sudah memahami bahasa pascal maka akan dengan mudah kota mempelajari Delphi.Kenapa?Karena semua syntak yang ada dalam bahasa pascal sama dengan syantak dalam bahasa Delphi.Tetapi ,syntak dalam bahsa Delphi tidak bisa diadopsi dalam pascal .So,ada yang mengatakan “Delpi adalah pascal tetapi pascal bukan delpi”
Untuk langkah awal kita akan belajar cara instalasi pascal
Instalasi PASCAL
Oke kita langsung saja pada materi pertama kita yaitu pengenalan bahasa pascal agar Sobat blogger mudah dalam mengikuti pemrograman bahasa Delphi berikutnya. Bila Sobat blogger kesulitan mencari program Bahasa Pascal versi 5, Sobat blogger dapat mendownloadnya disini. ( Download Pascal). Tapi saya memperingati kepada Sobat blogger bahwa program Pascal ini tidak boleh disebar-luaskan lagi kepada Umum sebab saya tidak punya lisensi untuk menyebarluaskan program ini. Dan juga Sobat blogger tidak boleh mengkomersialkan program ini, sebab program Pascal yang saya sediakan disini hanya untuk mempelajari program tersebut.
Setelah Sobat blogger Download exstract file pascal.zip dengan menggunakan winrar (Program Winrar Dapat di Download dari pilar kanan situs ini) atau winzip. Setelah itu klik dua kali file turbo.exe pada folder tersebut, maka program turbo pascal 5.5 sudah bisa Sobat blogger jalankan, bila ingin program Turbo Pascal yang lebih lengkap ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Bila Komputer Sobat blogger belum terinstall winrar atau winzip installah program tersebut, program winrar dapat Sobat blogger download melalui link yang ada di pilar kanan situs ini.
  2. Pindahkan file pascal.zip ke Drive C: jangan didalam folder lagi agar mudah untuk memanggilnya melalui Command Prompt.
  3. Bila Winrar sudah terinstall, klik kanan file pascal.zip lalu pilih extract to pascal.
  4. Jalankan Command Prompt dari windows Sobat blogger, klik start run lalu ketik command klik ok maka command Prompt akan ditampilkan. Setelah itu ketik CD\ dan ketik C: maka drive yang aktif saat ini di command prompt adalah drive C.
  5. Setelah itu ketik CD PASCAL lalu tekan enter, maka sekarang Sobat blogger berada di drive C: pada folder pascal yang telah Sobat blogger extract tersebut. Kemudian Ketik Install lalu tekan enter. maka proses instalasi TURBO PASCAL 5.5 akan berlangsung. Ikuti saja petunjuk instalasi pascal yang ada di proses instalasi. Folder default instalasi pascal adalah TP.
  6. setelah instalasi pascal selesai keluar lah dahulu dari program pascal, kembali ke command prompt. Pada command prompt ketik lagi CD\pascal maka Sobat blogger akan kembali lagi ke folder pascal, setelah berada di folder pascal extract beberapa file yang berekstensi ARC ke folder TP, Sebelumnya ketik perintah DIR *.ARC maka semua file yang berekstensi ARC akan ditampilkan, catat nama file-file tersebut. Ada beberapa file ARC yang ada di folder pascal ini yaitu : BGI.ARC, DEMOS.ARC, DOC.ARC, HELP.ARC, OOPDEMOS.ARC, TCALC.ARC, TOUR.ARC, TURBO3.ARC, dan UTILS.ARC. File tersebut hanya bisa di extract oleh file UNPACK.COM yang berada di folder pascal. cara mengekstract nya sebagai berikut :
Buat folder pada direktori TP sesuai dengan nama-nama file arc yang akan diextract contoh : Sobat blogger akan mengekstract file DEMOS.ARC, maka buatlah direktori di folder TP dengan nama DEMOS. Masuk ke folder TP -- ketik CD\TP lalu ketik MD DEMOS maka folder dengan nama DEMOS akan terbentuk di folder TP. Setelah terbentuk folder DEMOS sekarang Sobat blogger beralih lagi ke folder PASCAL dengan mengetik CD\PASCAL, di folder PASCAL ketik perintah berikut UNPACK DEMOS C:\TP\DEMOS lalu tekan Enter. Maka file DEMOS.ARC akan di extract ke folder DEMOS yang berada di dalam folder TP. Lakukan hal yang sama pada file ARC yang lainnya.

Tampilan PASCAL versi 5.5
Memulai PASCAL
Pada bahasa pascal Sobat blogger akan bermain dengan KEYBOARD bukan MOUSE, jadi untuk sementara lupakan fasilitas GUI yang dimanjakan oleh WINDOWS. sebab kita kembali ke tahun 80-an dimana PASCAL menjadi suatu bahasa Pemrograman pavorite dikalangan SCIENTIEST saat itu. Tombol keyboard yang paling pokok untuk mengakses program PASCAL adalah tombol : alt, esc, ctrl, F1 -- F12, ENTER, serta tombol anak panah. jadi bila salah satu tombol tersebut ada yang tidak berfungsi sebaiknya lupakan saja belajar pascal ini sampai Sobat blogger mengganti keyboard Sobat blogger dengan yang baru.
Untuk memulai pascal dari windows Sobat blogger dapat mengklik dua kali file TURBO.EXE, sedangkan bila melalui COMMAND PROMPT Sobat blogger dapat mengetikan perintah TURBO lalu tekan ENTER maka program PASCAL akan diload seperti gambar diatas. Tekan tombol ESC maka Program utama TURBO PASCAL akan di tampilkan, dari sini KEYBOARD menjadi senjata Sobat blogger untuk mengakses menu-menu yang ada di program utama PASCAL. Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan Keyboard pada pascal Sobat blogger dapat menekan tombol F1 yang akan memunculkan fasilitas HELP pada Pascal.
Untuk mengakses menu dari program pascal Sobat blogger gunakan tombol ALT di ikuti dengan Huruf pertama yang berwarna merah, contoh Sobat blogger akan mengakses menu File maka Sobat blogger dapat mengaksesnya dengan menekan tombol ALT dan huruf F. sekarang tekanlah tombol ALT+E, maka Sobat blogger berada pada mode editor, dan PASCAL siap untuk menerima perintah-perintah Program Sobat blogger. Sebagai perkenalan coba Sobat blogger ketikan program dibawah ini di editor PASCAL.


uses Crt;
var
x,y,z : longint;
lagi : char;
namak : string[20];

begin
lagi := 'y';
while (lagi = 'y') or (lagi = 'Y') do
begin
clrscr;
write('Siapa Nama Sobat blogger..?'); ReadLn(namak);
writeLn;
write('Hallo ',namak,', Coba kamu');
WriteLn(' masukan nilai x,y dan z ');
writeLn('pada operasi matematika ini.');
writeLn;
writeLn('Operasi matematika X^2 + y^2 + z =..... ');
write('masukan nilai x..= '); ReadLn(x);
write('masukan nilai y..= '); ReadLn(y);
write('masukan nilai z..= '); ReadLn(z);
writeLn;
writeLn('nilai operasi x^2 + y^2 + z adalah : ',x*x+y*y+z);
writeLn;
write('Mau hitung lagi apa tidak (y/t), ',namak,' ? ');
readLn(lagi);
end;
end. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..