Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Jumat, 08 April 2011

Konsep Proses Dalam Sistem Operasi

Konsep Proses Dalam Sistem Operasi

A.Pengertian Konsep
Konsep (istilah abstrak: konsepsi) adalah kognitif unit arti -sebuah abstrak ide atau mental simbol kadang-kadang didefinisikan sebagai "unit pengetahuan," dibangun dari unit lain yang bertindak sebagai sebuah konsep yang karakteristik . Sebuah konsep biasanya dikaitkan dengan sesuai representasi dalam bahasa maupun simbologi seperti makna yang tunggal dari sebuah istilah .
Para teori representasional pikiran mengusulkan bahwa konsep representasi mental , sedangkan semantik teori konsep (berasal dengan Frege perbedaan s 'antara konsep dan objek ) menyatakan bahwa mereka benda abstrak . [1] Ide diambil untuk menjadi konsep, walaupun konsep-konsep abstrak tidak selalu muncul dalam pikiran seperti gambar sebagai beberapa ide lakukan. [2] Banyak filsuf menganggap konsep-konsep menjadi dasar ontologis kategori sedang .
B.Pengertian Proses
Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Sebuah proses dibuat melalui system call create-process yang membentuk proses turunan ( child process) yang dilakukan oleh proses induk ( parent process). Proses turunan tersebut juga mampu membuat proses baru sehingga semua proses ini pada akhirnya membentuk pohon proses.
Ketika sebuah proses dibuat maka proses tersebut dapat memperoleh sumber-daya seperti waktu CPU, memori, berkas, atau perangkat I/O. Sumber daya ini dapat diperoleh langsung dari sistem operasi, dari proses induk yang membagi-bagikan sumber daya kepada setiap proses turunannnya, atau proses turunan dan proses induk berbagi sumber-daya yang diberikan sistem operasi.
C.Pengelolaan Proses
Proses perlu dikelola karena dalam sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O.
Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen proses seperti:
• Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan sistem proses.
• Menunda atau melanjutkan proses.
• Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
• Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
• Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.
Perkembangan sistem komputer mendatang adalah menuju ke sistem multi- processing, multiprogramming, terdistribusi dan paralel yang mengharuskan adanya proses-proses yang berjalan bersama dalam waktu yang bersamaan. Hal demikian merupakan masalah yang perlu perhatian dari perancang sistem operasi. Kondisi dimana pada saat yang bersamaan terdapat lebih dari satu proses disebut dengan kongkurensi (proses-proses yang kongkuren).
Proses-proses yang mengalami kongkuren dapat berdiri sendiri (independen) atau dapat saling berinteraksi, sehingga membutuhkan sinkronisasi atau koordinasi proses yang baik.
D.Apa saja berbagai bagian dari sebuah Sistem Operasi?
Pada bagian ini kita melihat bahwa bagian dari sistem operasi yang bertanggung jawab untuk program yang berjalan, yang disebut real-time eksekutif atau kernel.
Sebuah sistem operasi untuk sebuah komputer skala besar yang digunakan oleh banyak orang sekaligus adalah sistem yang sangat kompleks.. Ini berisi jutaan baris instruksi (perintah yang komputer mengeksekusi) ditulis oleh programmer. Untuk membuat sistem operasi lebih mudah untuk menulis, mereka dibangun sebagai rangkaian modul (program), masing-masing bertanggung jawab modul untuk satu fungsi. modul khas dalam sistem multi-user yang lebih besar bisa operasi,
• Kernel (also known as the executive) Kernel (juga dikenal sebagai eksekutif)
• Process manager Proses manajer
• Scheduler Penjadwal
• File manager Manajer file
Apakah eksekutif waktu nyata?
. Inti dari semua sistem operasi yang disebut sebagai EKSEKUTIF REAL TIME (juga dikenal sebagai kernel). Beberapa fungsi yang melakukan adalah
• switching between programs beralih antara program
• hardware device control and programming perangkat keras DNS dan pemrograman
• memory management manajemen memori
• process management proses manajemen
• scheduling (deciding what programs to run) penjadwalan (memutuskan apa program untuk berjalan)
• inter-process communication antar-proses komunikasi

sederhana keamanan sistem pemantauan kami tidak akan memiliki semua hal di atas, karena mungkin akan menjadi sebuah sistem tugas tunggal, menjalankan hanya satu program. Dengan demikian, tidak akan perlu melakukan penjadwalan lebih dari satu program atau memungkinkan komunikasi terjadi antara program (disebut inter-proses komunikasimanajemen memori akan tidak perlu, sebagai program dengan mudah akan masuk ke dalam memori yang tersedia dari komputer.
Sebuah sistem operasi yang dirancang untuk menangani sejumlah besar orang akan memerlukan eksekutif real-time yang melakukan semua hal di atas. Program-program biasanya disimpan pada disk, sehingga perlu dimuat ke memori sebelum Ini menyajikan kebutuhan untuk manajemen memori, karena memori komputer perlu dicari untuk area bebas di mana untuk me-load program orang ke dalam. Ketika pengguna selesai menjalankan program, memori yang dikonsumsi akan perlu dibebaskan dan dibuat tersedia untuk pengguna lain bila diperlukan.
Proses penjadwalan dan manajemen juga diperlukan, sehingga semua program akan dapat dilaksanakan dan berjalan adilTidak ada gunanya jika program oleh pengguna tertentu menjalankan sedemikian rupa sehingga ia menolak menjalankan program lain, membuat setiap menunggu pengguna lainSelain itu, beberapa program mungkin perlu dilakukan lebih sering daripada yang lain, misalnya, memeriksa komunikasi jaringan atau pencetakan. Beberapa program mungkin perlu dihentikan sementara, lalu restart lagi kemudian, jadi ini memperkenalkan kebutuhan komunikasi antar-program.

Apa yang dimaksud dengan program komputer?

Program adalah serangkaian instruksi untuk komputer. Ketika seorang programmer perangkat lunak (seseorang yang menulis program untuk berjalan pada sistem komputer) mengembangkan sebuah program, diubah menjadi daftar panjang instruksi yang dieksekusi oleh sistem komputer.
Dalam sistem operasi kita berbicara lebih dari sebuah proses (bagian dari program yang dalam beberapa tahap pelaksanaan) dari sebuah program. Hal ini karena dalam sistem operasi modern, hanya sebagian dari sebuah program dimuat pada satu waktu Sisanya program duduk menunggu di unit disk sampai diperlukan.. Hal ini menghemat ruang memori.
. Prosesor mengeksekusi program komputer. A. Prosesor adalah sebuah chip dalam komputer yang mengeksekusi instruksi program. Prosesor mengeksekusi jutaan instruksi per detik.
Bagaimana sistem operasi menjalankan lebih dari satu program sekaligus?

Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal pada suatu waktu, sistem lain menjalankan proses sekaligus. Kebanyakan sistem komputer berbasis prosesor tunggal, dan sebuah prosesor hanya dapat mengeksekusi satu instruksi pada satu waktu, jadi bagaimana mungkin untuk seperti sistem prosesor tunggal menjalankan beberapa proses? Jawaban yang sederhana adalah bahwa hal itu tidak. Prosesor komputer menjalankan satu proses untuk waktu singkat, kemudian beralih ke proses berikutnya dan seterusnya. As the processor executes Sebagai prosesor mengeksekusi jutaan instruksi per detik, ini memberikan tampilan banyak proses yang berjalan sekaligus.
? Apa-operasi dan memesan efek terlebih dahulu switching co?

Dalam sistem komputer yang mendukung lebih dari satu proses sekaligus, beberapa mekanisme harus digunakan untuk beralih dari satu tugas yang lain. Ada dua metode utama yang digunakan untuk melakukan switching ini.
• switching Co-operative berarti bahwa tugas yang sedang berjalan sukarela akan menyerah prosesor pada suatu waktu, yang memungkinkan proses-proses lain untuk menjalankan.
• Memesan Efek Terlebih Dahulu switching berarti bahwa tugas berjalan akan terganggu (dipaksa untuk menyerah) dan prosesor yang diberikan kepada proses lain menunggu.
Masalah dengan switching koperasi adalah satu proses yang bisa bertahan dan dengan demikian menyangkal pelaksanaan proses lainnya, sehingga tidak ada kerja yang dilakukan. Contoh dari sistem koperasi adalah Windows 3.1
Memesan Efek Terlebih Dahulu penjadwalan lebih baik.. Ini memberikan respon yang lebih pada semua proses dan membantu mencegah (atau mengurangi jumlah kejadian dari) penjara mesin ditakuti Workstation Windows NT adalah contoh seperti sistem operasi.
Note: Hanya program 32 bit pada Windows 95 adalah pre-emptive diaktifkan. 16-bit program masih kooperatif diaktifkan, yang berarti masih mudah untuk program 16-bit untuk mengunci Windows 95 komputer.
Apa yang akan mengirim?

Ini akan dicatat bahwa dibutuhkan waktu untuk menyelamatkan / memulihkan keadaan program dan beralih dari satu program ke yang lain (disebut pengirim). Tindakan ini dilakukan oleh kernel, dan harus melaksanakan dengan cepat, karena kami ingin menghabiskan sebagian besar waktu kita menjalankan program pengguna, bukan beralih di antara mereka.
Apakah overhead sistem?

Jumlah waktu yang dihabiskan di negara sistem (menjalankan dan melakukan tugas-tugas kernel seperti perpindahan program pengguna) disebut overhead sistem, dan biasanya harus di bawah 10%. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan tugas sistem tampil di preferensi untuk menjalankan program-program pengguna akan mengakibatkan performa yang buruk untuk program pengguna, yang akan muncul untuk bekerja dengan sangat lambat.
Apa yang diperlukan untuk beralih dari satu program ke yang lain?

Ini switching antara program pengguna dilakukan oleh bagian dari kernel. Untuk beralih dari satu program ke yang lain membutuhkan,
• a regular timed interrupt event (provided by a clock) mengganggu acara rutin waktunya (yang disediakan oleh jam)
• saving the interrupted programs state and data menyimpan keadaan program terputus dan data
• restoring the next programs state and data memulihkan keadaan program berikutnya dan data
• running that program till the next timed interrupt occurs menjalankan program yang sampai berikutnya timed interrupt terjadi
Acara waktunya biasanya sekitar 1 hingga 10 milidetik terpisah dan yang dihasilkan oleh sebuah jam real-time. Untuk menyimpan dan mengembalikan negara program memerlukan dukungan hardware, fitur yang didukung oleh prosesor Intel.
Apakah switching konteks?

Saat prosesor diaktifkan dari satu proses ke yang lain, negara (prosesor register dan data yang terkait) harus disimpan, karena di kemudian hari proses tersebut akan restart dan terus seolah-olah tidak pernah terputus.. Sekali negara ini telah disimpan, proses selanjutnya adalah menunggu diaktifkan. Hal ini melibatkan loading register prosesor dan memori dengan semua data disimpan sebelumnya dan restart itu pada instruksi yang akan dieksekusi ketika terakhir terganggu.
. Proses switching dari satu proses yang lain disebut switching konteks. A. Sebuah periode waktu bahwa suatu proses berlangsung selama sebelum konteks sedang aktif disebut time slice atau periode kuantum.
Apakah penjadwalan?

. Menentukan proses yang harus dijalankan selanjutnya disebut penjadwalan, dan dapat dilakukan dalam berbagai cara.
penjadwal Co-operative umumnya sangat sederhana, karena proses tersebut diatur dalam antrian ROUND ROBINKetika sebuah proses yang berjalan memberi itu sendiri, itu pergi ke akhir antrian.Proses di bagian atas antrian kemudian jalankan, dan semua proses dalam antrian untuk naik satu tempat.). Hal ini memberikan ukuran keadilan, tetapi tidak mencegah satu proses dari memonopoli sistem (gagal untuk memberikan sendiri atas).
Memesan Efek Terlebih Dahulu penjadwalan menggunakan sebuah jam real-time yang menghasilkan interupsi pada interval teratur (misalnya setiap 1/100th detik. Setiap kali interrupt terjadi, prosesor diaktifkan untuk tugas lain. Sistem menggunakan penjadwalan jenis ini umumnya menetapkan prioritas untuk setiap proses, sehingga beberapa dapat dilakukan lebih sering daripada yang lain.
Pertama di Out Pertama Penjadwalan
Sebuah antrian FIFO adalah daftar proses yang tersedia menunggu eksekusi oleh prosesor.. Proses-proses baru tiba dan ditempatkan pada akhir antrian.. Proses pada awal antrian diberikan prosesor ketika berikutnya tersedia, dan semua proses lainnya untuk naik satu slot di antrian.
Penjadwalan Round Robin
Salah satu masalah dengan pendekatan FIFO adalah bahwa proses mungkin pada kenyataannya waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan, dan dengan demikian memegang menunggu proses lain dalam antrian. Untuk mencegah hal ini terjadi, kami menggunakan scheduler pre-emptive yang memungkinkan setiap proses berjalan untuk sementara waktu Bila waktu-slice up, proses yang berjalan terganggu dan ditempatkan di bagian belakang antrian. s selanjutnya di bagian atas antrian ini kemudian dimulai.
Cara lain proses penjadwalan

Hal ini umum sekarang dalam sistem operasi hari ini untuk proses harus diperlakukan sesuai dengan prioritas.. Ini mungkin melibatkan nomor antrian yang berbeda dan mekanisme penjadwalan, menggunakan prioritas berdasarkan aktivitas proses sebelumnya, bagaimana telah melaksanakan untuk dan berapa lama sudah sejak terakhir dieksekusi oleh prosesor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..