Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Rabu, 18 April 2018

Pola Bikin Tulisan Yang Menjual (Bagian Kedua)

Pola Bikin Yang Menjual Bagian Dua

Merancang Iklan yang sulit di tolak                   

Bismillah...

Jika Anda baca pesan kali ini, maka kami anggap Anda sudah selesai membaca materi sebelumnya.Jika Anda belum membaca materi bagian pertama silahkan baca di sini https://jotrii.blogspot.co.id/2018/04/cara-membuat-tulisan-yang-menjual.html?m=1

Jika boleh jujur, sebenarnya seluruh materi dalam program ini berurutan.
Jadi, agar pemahamannya bisa sempurna dan mendapat sesuatu dari program ini, maka perlu mempelajarinya bertahap.

Untuk mempelajari materi kedua, Anda sebelumnya harus mempelajari materi pertama.
Untuk mempelajari materi ketiga, Anda sebelumnya harus mempelajari materi kedua.
Dan begitu seterusnya, hehe.

Karena itu,
Jika Anda belum membaca materi pertama

Dan jika Anda sudah membacanya, selamat. Dan jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang Copywriting maka Anda bisa ikut Program Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting yang pesertanya terbatas hanya untuk 300 orang saja di sini bit.ly/pesantrenonline
Yuk kuasai materi kali ini.

Lanjut ya,

Kami menyebut materi kali ini dengan judul merancang iklan, karena memang di materi ini Anda akan belajar cara menyusun copywriting atau tulisan yang menjual

Agar bisa seperti itu, maka Anda perlu berkenalan dengan sesuatu bernama ELEMEN COPYWRITING

Copywriting bukan tulisan yang asal jadi.
Ada poin-poin yang perlu Anda lengkapi agar iklan Anda enak di baca dan tentunya menghasilkan penjualan. Poin-poin disebut dengan elemen copywriting.

Secara umum, elemen copywriting terbagi menjadi 7 bagian.

7 Hal itu adalah
_1. Headline_
_2. Pengantar_
_3. Detail Manfaat_
_4. Penawaran_
_5. Alasan_
_6. Call to Action,_ dan
_7. Nota Bene_

Apa saja penjelasannya ini??
Oke, kita bahas satu persatu ya.

Pertama. . .
HEADLINE

Headline adalah kalimat awal yang ada dalam promosi Anda.
Bisa di katakan, headline adalah bagian yang sangat penting dalam iklan Anda.

Riset mengatakan, dari 10 orang yang menerima iklan, hanya 2 orang yang memutuskan untuk membaca iklan sampai selesai. Apa artinya ini?

Artinya orang-orang akan memutuskan lanjut baca atau tidak setelah mereka membaca headline iklannya.

Tugas headline adalah membuat orang tertarik dan penasaran dengan apa yang mau Anda sampaikan.

Jika headlinenya biasa-biasa saja, maka bisa di pastikan keseluruhan iklan Anda tidak akan di baca. Dan ketika iklan tidak di baca, itu berarti tidak ada penjualan.

Inilah mengapa, banyak profesional mengatakan bahwa headline itu sangat penting.
Bahkan beberapa orang mengaku, saat membuat copywriting, mereka membutuhkan waktu yang lama dalam menyusun headline.

Bayangkan ketika headlinenya biasa-biasa saja,
Misal headlinenya isinya . .

_*”DISKON 5%!”*_
_*”AYO BELI”*_

Maka orang yang menerimanya akan nyeplos
- _”Terus kenapa?”_
- _”Emang gue pikirin”_
- _”Gak penting deh”_
dan kalimat-kalimat sejenisnya, hehe.

Selalu ingat,
*Kegagalan copywriting di mulai dari gagal merancang headline yang menarik*

Karena inilah,
Salah satu yang harus Anda perhatikan saat menulis copywriting adalah . .

Apakah headline Anda sudah sangat menarik dan membuat pembacanya penasaran??

Jika belum, maka jangan sebar copywriting Anda.

Pertanyannya sekarang, bagaimana cara menulis headline yang menarik?

Ada banyak rumus yang bisa Anda gunakan, tapi Saya tidak akan share di materi ini.

Kamj akan share di materi berikutnya, karena materi kali ini hanya fokus ke elemen copywriting.
Jika Kami nekat bagikan tipsnya di materi kali ini, maka bisa panjang banget pesannya nanti, hehe

Karena itu, sekarang kita lanjut dulu ke elemen kedua ya.

Kedua
*PENGANTAR*

Terkadang, ada orang-orang yang berhasil memancing prospek untuk membaca iklan mereka, tapi sayangnya, setelah headline mereka langsung menyodorkan produk.

Ini mirip seperti tamu yang tidak sopan.
Setelah pintu di buka, kemudian si tamu langsung masuk rumah padahal belum di persilahkan.
Jika ini di lakukan dalam copywriting, maka bisa di pastikan hasil copywritingnya kecil.
Bahkan dalam banyak kasus, copywritingnya tidak menghasilkan penjualan satupun.

Apa yang seharusnya di lakukan?

Sebaiknya, sebelum menawarkan sesuatu, Anda memulainya dengan kalimat-kalimat pengantar.

Kalimat pengantar ini bisa berupa cerita, fakta-fakta, hasil riset, pertanyaan, menceritakan latar belakang, atau berbentuk sapaan.

Buatlah tulisan yang bisa menyambungkan headline dengan produk Anda.

Inti dari pengantar adalah pendekatan dulu.

Buat pembaca Anda hanyut, dan mengangguk saat membaca bagian ini.
Semakin di baca, semakin membuat pembacanya larut dalam tulisannya.

Memang tahap ini menantang.
Tapi jika Anda bisa melakukannya, maka Anda akan mudah dalam menjual sesuatu.

Jadi, setelah headline, jangan lupakan bagian pengantar ya.

Pada dasarnya orang tidak suka di juali.
Karena itu, pendekatan dulu baru jualan.
Jika pendekatan Anda salah, maka hasilnya bermasalah.

Ketiga,
*DETAIL MANFAAT*

Di bagian inilah Anda mulai memperkenalkan produk Anda.

Jelaskan manfaat produk Anda.
Jika manfaatnya banyak, Anda bisa gabungkan 3 manfaat dalam 1 pharagraf atau Anda bisa menuliskannya dalam poin-poin.

Ingat ya,
Yang di ceritakan adalah manfaatnya.

Banyak orang di bagian ini sibuk menceritakan fitur produk.
Padahal, fitur dengan Benefit (manfaat) itu berbeda.

Misal Anda jual obat.
Maka jangan ceritakan komposisinya, karena tidak ada yang peduli dengan itu, kecuali jika ada yang tanya.

Calon pembeli ingin tahu produk Anda bisa apa, mereka tidak peduli dengan cara buatnya.

Orang beli shampoo untuk menghilangkan ketombe, karena aromanya.
Orang beli pakaian karena desainnya, karena ukurannya pas, karena bahannya nyaman.
Orang beli makanan, karena itu enak, karena rasanya, karena mereka penasaran.
Orang mendaftar jadi reseller, karena peluangnya, karena produknya mudah di jual.

Kata kuncinya adalah manfaat produk atau jasa yang Anda tawarkan
Itulah yang seharusnya Anda ceritakan.

Ketika orang paham dengan yang Anda jual, maka kemungkinan produk Anda terbeli akan semakin besar. 

Sebagai tambahan
Di bagian ini kalau perlu ceritakan perbedaan produk Anda dengan produk kompetitor.
Tonjolkan hal-hal yang uniknya.

Tapi ingat, cukup ceritakan kelebihan Anda tanpa perlu menjelekan orang lain ya.
hehe

Keempat
*PENAWARAN*

Inilah kunci agar copywriting Anda di respon pembacanya.
Yaitu penawaran.

Bagian sebelumnya, hanya menceritakan produk Anda.
Tapi bagian ini yang akan menggerakan pembaca untuk tertarik.

Terkadang, orang membeli bukan semata-mata karena butuh produknya.
Terkadang, orang membeli karena penawarannya menarik.

Jadi, buatlah penawaran yang bahkan Anda sendiri tidak bisa untuk menolaknya.

Penawaran yang umum di gunakan ada 3

Pertama, *Bonus spesial*
Kedua, *Potongan harga*
Ketiga, *Solusi*

Jika Anda bisa, berikan bonus untuk setiap pembelian.
Sebaiknya bonus yang di berikan juga bonus yang berkualitas.
Karena semakin berkualitas bonusnya, semakin membuat orang tertarik.

Apalagi jika bonusnya berkualitas dan jumlahnya banyak, hehe
Otomatis akan jauh lebih menarik 

Kemudian potongan harga.
Atau orang menyebutnya dengan diskon.

Tidak bisa di pungkiri, bahwa ketika kita bisa mendapatkan sesuatu dengan harga yang jauh lebih hemat, itu adalah sebuah kesenangan tersendiri, hehe

Nah, hal ini juga berlaku untuk calon pembeli Anda.
Sesekali berikanlah penawaran potongan harga.

Jelaskan nominal yang bisa mereka hemat, dan tonjolkan harga setelah di potong diskon.
Buat itu seolah-olah murah, maka copywriting Anda akan sangat membius, hehe

Lalu bagaimana jika Anda tidak bisa memberikan bonus atau potongan harga?

Artinya fokus ke penawaran ketiga, yaitu solusi.

Anda harus tahu apa masalah pembaca, apa yang di inginkan mereka, apa yang mereka cari, apa yang mereka butuhkan dan beritahu mereka bahwa Anda memiliki solusinya.

Jika Anda bisa menyentuh frutasi atau ketakutan terbesar pembaca copywriting Anda, maka tanpa penawaran tambahan pun, copywriting Anda akan menghasilkan penjualan.

Kelima
*ALASAN*

Inilah pesan guru Saya.

Kebanyakan orang saat menulis copywriting, mereka lupa menyertakan alasan kenapa produknya harus di beli sekarang.

Produknya sudah bagus, penawarannya sudah menarik, tapi tidak ada asalan yang kuat kenapa produk itu harus di beli tanpa menunda.
Sehingga, copywritingnya tidak bertenaga, dan tidak menghasilkan apa-apa.

Tugas kita adalah. . .
Setelah menjelaskan semuanya, maka yakinkan pembaca copywriting kita untuk melakukan sesuatu.

Sudah di yakinkan saja masih ada yang ragu, apalagi jika tidak di yakinkan, hehe.

Meyakinkannya dengan apa??

Bisa mainkan 3 hal ini

*Cantumkan testimoni pengguna sebelumnya*, karena orang lebih percaya apa kata pengguna produknya di banding kata penjualnya, hehe

*Berikan garansi*, adanya garansi akan mengikis keraguan pembaca iklan Anda, karena pada dasarnya orang cenderung mencari rasa aman, apalagi jika mereka harus keluar uang dalam jumlah yang besar.

*Cantumkan batasan*, selama tidak ada batasannya, maka calon pembeli bebas menunda. Karena itu, cantumkan hal ini. Bisa dengan memberikan batasan berupa jumlah produk, atau memberikan batasan waktu transaksi.

Dari ketiga hal diatas, pilih salah satu atau gabungkan hal-hal yang cocok dengan bisnis Anda.

Keemam
*CALL TO ACTION*

Atau biasa di singkat dengan CTA

Bagian ini bertujuan untuk mengarahkan seseorang untuk melakukan sesuatu setelah membaca copywriting Anda.

Tanpa call to action, maka copywriting Anda kurang kuat, dan membuat pembacanya hanya menikmati tulisan Anda.

Jadi, Anda ingin calon pembeli melakukan apa setelah membaca copywriting Anda?
Apakah membalas pesan?
Menghubungi nomor tertentu?
Menekan link beli?
Mendaftarkan dirinya?
Atau apapun, maka tuliskan disini.

Ketujuh
*NOTA BENE*

Alias NB, atau catatan yang di tulis di bagian terbawah pesan.

Fungsi bagian ini untuk meyakinkan lagi pembaca agar segera mengambil keputusan.

Perjelas batasannya, agar memperkuat alasan kenapa calon pembeli Anda harus action sekarang tanpa di tunda.

Akhirnya. .
Itulah elemen copywriting yang perlu Anda masukan saat Anda menulis iklan Anda.

Jika Saya sampaikan ulang, maka urutannya seperti ini

Mulailah dengan headline yang memancing penasaran.
Kemudian tuliskan kalimat-kalimat pengantar agar pembaca tidak risih dengan pesan Anda.
Setelah Anda melakukan ini, maka mulai jelaskan detail manfaat produk Anda.
Cantumkan penawaran yang kuat.
Lalu berikan alasan kenapa produknya harus di beli sekarang bukan nanti-nanti.
Arahkan pembaca untuk melakukan sesuatu.
Dan tutup pesannya dengan catatan untuk meyakinkan pembaca agar segera mengambil keputusan.

Gimana?
Sudah ada gambaran kan. ..

Sekarang, sambil tunggu materi besok, Anda bisa mempelajari ulang materi di pesan kali ini.
Di pelajari ulang, agar Anda semakin paham urutannya dan ajak temen temen yang lain belajar di ruang ini dengan cara membagikan link berikut bit.ly/komunitaslso

Berikutnya, pada bagian ketiga Kamk akan memberikan frasa-frasa yang perlu Anda tulis agar iklan Anda semakin membius.
Aasiik dan sangat menarik ya...

Apalagi jika Anda ikuti Kelasya di sini bit.ly/copywritingnlp

Buat yang bingung apa itu frasa, secara sederhana frasa adalah kalimat dengan susunan tertentu.

Jadi, berikutnya Kami akan memberikan Anda beberapa kalimat kemudian Anda tinggal ganti-ganti saja sesuai kebutuhan iklan Anda.

Prinsipnya seperti nyontek gitu, hehe
Kami berikan contekan iklannya, Anda tinggal lanjutkan sesuka Anda.

Semoga Anda semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia ya, Aamiin

Semoga bermanfaat
Salam Hangat Penuh Cinta Kasih
@Jotrii

NB :

Segera daftar Kelas Pesantren Online Program Sedekah dan Belajar Bersama " Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting " di sini bit.ly/copywritingnlp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..