Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Kamis, 19 April 2018

Pola Bikin Tulisan Yang Menjual Bagian Ketiga

Pola Tulisan Yang Menjual Bagian Ketiga

Frasa-frasa Copywriting Power Full!

Bismillah...                             

Selamat pagi
Hari ini kita lanjut belajar lagi yuk.
Kita masuk ke materi ketiga

Gimana?
Materi kedua sudah di pelajari kan??
Jika Anda belum baca materi kedua silahkan baca pelan pelan aja di sini https://jotrii.blogspot.co.id/2018/04/pola-bikin-tulisan-yang-menjual-bagian.html?m=1

Dimateri kedua, Kami sudah menjelaskan kepada Anda bahwa menulis iklan itu ada susunannya.
Jika kita ikuti susunan tersebut, iklannya jadi lebih teratur dan tulisannya jadi lebih enak di baca.

Kita mengenal susunan tersebut dengan sebutan Elemen Copywritng,

Jika boleh sedikit mengulang, maka Elemen Copywriting yang Saya bagikan itu memiliki urutan

(1) Mulai dengan headline yang memancing penasaran.
(2) Kemudian tuliskan kalimat-kalimat pengantar agar pembaca tidak risih dengan pesannya.
(3) Setelahnya, mulai jelaskan detail manfaat produk atau jasa yang di tawarkan.
(4) Cantumkan penawaran yang kuat.
(5) Lalu berikan alasan kenapa produknya harus di beli sekarang bukan nanti-nanti.
(6) Arahkan pembaca untuk melakukan sesuatu.
(7) Dan tutup pesannya dengan catatan, untuk meyakinkan pembaca agar segera mengambil keputusan.

Untuk yang selama ini bingung cara menulis copywriting, maka di awal-awal menulis, bisa pakai urutan diatas untuk menulis iklannya.

Jika rajin latihannya, nanti lama kelamaan akan semakin jago kok

Sayangnya,
Walaupun sudah di beritahu seperti itu, masih ada juga yang merasa menulis itu susah, padahal di coba saja belum, hehe
Waduh.

Mereka mengatakan. .
_”Praktik tidak semudah teorinya”_
_”Masih bingung nih harus nulis apa”_

Baiklah baiklah. .
Karena Kami pengertian, maka Kami akan berikan contekannya, hehe 

Anda tinggal contek kalimat-kalimat di bawah ini
Ganti sesuai kebutuhan Anda
Dan ikuti tipsnya

Saya menyebut contekan ini dengan "Frasa Copywriting"

Frasa adalah kalimat dengan susunan tertentu.
Jadi Anda ikuti saja kalimat-kalimat yang Kami bagikan ini, maka Anda akan bisa menulis copywriting semudah mengisi teka teki silang.
Perlu mikir sedikit aja, hehe

Kita mulai ya. .

Jadi, Karena Elemen Copywriting itu ada 7, maka Kami akan jabarkan frasa yang di gunakan di setiap elemen.

Element Copywriting
(1) Headline
(2) Pengantar
(3) Detail Manfaat
(4) Penawaran
(5) Alasan
(6) CTA
(7) NB

FRASA HEADLINE

Headline adalah kalimat pertama dalam iklan Anda.
Jika headlinenya menarik dan memancing penasaran, maka orang akan membaca iklan Anda, jika headlinenya biasa-biasa saja, maka orang lain tidak akan melirik.

Frasa yang bisa Anda gunakan

_- Inilah . . ._
_- Siapa lagi . . ._
_- Bagaimana . . ._
_- Rahasia . . ._
_- Sekarang . . ._
_- Untuk Anda. . ._
_- X cara . . ._
_- Pernah . . ._
_- Saya. . . Anda. . ._
_- Mau . . ._
_- Miliki . . ._

Contohnya

_- Inilah cara yang terbukti ampuh mendapatkan 10 juta rupiah tiap bulan tanpa repot keluar rumah_

_- Siapa lagi yang ingin turun berat badan 7 kg dalam 2 minggu?_

_- Bagaimana cara memiliki rumah dengan cepat walau penghasilan pas-pasan_

_- Rahasia Chairul Tanjung membangun kerajaan bisnisnya_

_- Sekarang Anda bisa menghemat sampai 1 juta perbulan dengan cara sederhana ini_

_- Untuk Anda yang memiliki Balita di rumah_

_- 3 Cara mudah yang bisa Anda lakukan agar terlihat lebih muda dari usia sebenarnya_

_- Pernah kehilangan motivasi? ini cara mengatasinya_

_- Saya bocorkan ke Anda rahasia jalan-jalan keluar negeri murah bahkan nyaris Gratis_

_- Mau memiliki penghasilan lebih banyak dari sebelumnya?_

_- Miliki produk senilai Ratusan ribu, cukup bayar setengahnya_

Jadi, tinggal sesuaikan frasanya dengan kebutuhan Anda.

Selain frasa, ini Saya juga berikan tips dalam membuat headline

1. Gunakan kata perangsang
Kata-kata ini untuk membuat pembaca tertarik membuka iklan Anda, karena mereka merasa akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.
Contoh kata-katanya seperti
- Gratis
- Bonus
- Hemat
- Hadiah
- Spesial
- Praktis
- Mudah
- Lebih
dan sejenisnya

2. Cantumkan angka yang spesifik.
Sebutkan nominalnya, jangan ribuan, jangan ratusan.
Spesifik akan memancing kepercayaan pembaca. Apalagi jika nominalnya besar.
Semakin besar, semakin membuat orang lain mudah percaya.

3. Perkecil hambatan.
Ini akan membuat apa yang ingin Anda tawarkan jadi sangat menarik. Tutup kalimat dengan menambahkan kata “Hanya”, “Walaupun”. “Tanpa”, “Meskipun”, dan sejenisnya

4. Selipkan nama tokoh terkenal
Jika memungkinkan, sebutkan nama tokoh yang di kenal oleh target pasar Anda.
Semakin terkenal, semakin bagus efeknya untuk iklan Anda.
Jangan sebutkan nama tokoh yang tidak mereka kenal, karena itu tidak ada efeknya, hehe

5. Gunakan kata “Ini”
Disadari atau tidak, kata “ini” pada headline mengandung unsur misterius, dan membuat pembacanya penasaran, di buka deh iklannya, hehe.

6. Ngena banget
Buat pembaca Anda berkata “Ini Gue banget” ketika membaca headline Anda.
Jika Anda bisa melakukan itu, maka dia akan membaca kalimat-kalimat berikutnya dengan fokus, hehe.

Oke, itulah tentang Headline. .

Saya sudah berikan 9 Frasa untuk Anda.
Tinggal di teruskan saja.

Mudah kan??
Seperti main game.
Sudah ada contekannya, Anda tinggal lengkapi kalimatnya, hehe

Sekarang kita masuk ke Elemen kedua

PENGANTAR

Setelah headline, apa yang harus dilakukan??
Jawabannya adalah lakukan 2 hal

Pertama, buat pembacanya betah untuk terus membaca.
Kedua yang perlu di lakukan adalah mempengaruhi pembacanya.

Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan strategi-strategi di bawah ini
- Gunakan cerita
- Sajikan fakta-fakta
- Tampilkan hasil riset
- Berikan pertanyaan
- Ceritakan latar belakang
- Kasih sapaan

Pilih salah satu saja, karena jika di campur-campur nanti jadi aneh, hehe

Frasa yang bisa Anda gunakan

_- Jadi ceritanya . . ._
_- Kita sama-sama tahu bahwa . ._
_- Menurut riset dari . . ._
_- Apakah . . ._
_- Sejak . . ._
_- Halo. . ._

Contohnya jadi seperti ini

- Cerita
_Jadi ceritanya kemarin ada kejadian seru saat Saya jalan-jalan di Mall. (lanjutkan copywritingnya)_

- Fakta
_Kita sama-sama tahu bahwa penduduk Indonesia itu jumlahnya ratusan juta. (lanjutkan copywritingnya)_

- Riset
_Menurut survey dari hubspot, 80% calon pembeli butuh di follow up, tapi sayangnya, hanya sedikit penjual online yang melakukan itu. . (lanjutkan copywritingnya)_

- Pertanyaan
_Apakah Anda merasakan kenaikan harga-harga bahan pokok akhir-akhir ini? . (lanjutkan copywritingnya)_

- Latar Belakang
_Sejak pertama kali Jotrii mendirikan Padepokan Bisnis Online , kami berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada sebanyak-banyaknya pengusaha pemula yang membutuhkan bantuan. (lanjutkan copywritingnya)_

- Sapaan
_Halooo. . . Tidak terasa sudah akhir bulan nih. Ngomong-ngomong tentang akhir bulan, itu artinya sebentar lagi gajian nih. (lanjutkan copywritingnya)_

Dapat gambaran yah, gimana cara membuat kalimat pengantar

Dan ini ada tips dalam membuat kalimat pengantar

1. Wajib nyambung
Maksudnya nyambung antara headline dengan produk yang akan kita tawarkan. Kalau kalimat pengantarnya gak nyambung, iklannya jadi aneh, hehe.

2. Gunakan kata penghubung
Agar enak di baca, antara satu kalimat dengan kalimat lainnya, maka gunakan kata-kata seperti :
- Karena itu . . .
- Jadi . . .
- Itu artinya . . .
- Kesimpulannya . . .
- Jika begitu . . .
- Yang ingin Saya sampaikan adalah . . .
Dan sejenisnya

3. Buat pembaca setuju minimal 3 kali
Tulislah kalimat yang memancing anggukan pembaca.
Jika mereka setuju minimal 3 kali, maka Anda akan mudah mempengaruhi mereka untuk membeli produk Anda. Sssttt. . . itu rahasianya, hehe

4. Sampaikan dengan menarik
Jangan terlalu kaku, berlatihlah membuat pembaca asik dengan tulisan Anda.
Anda juga bisa gunakan emot pada tempatnya.
Ingat, pada tempatnya ya, kalau terlalu banyak emot nanti malah terlihat alay bin lebay, hehe

5. Runut
Alias antara kalimat satu dengan kalimat lainnya seperti satu ke satuan. Semakin di baca, pembacanya semakin terhanyut dalam tulisan Anda.

Jujur saja, menulis kata pengantar sebelum menjelaskan produk ini memang menantang.
Anda perlu mencari tema yang pas, kreativitas Anda di uji, dan banyak tantangan lainnya.

Inilah kenapa banyak yang merasa menulis copywriting itu susah.
Karena itulah di materi pertama, Kami mengarahkan Anda untuk mencari banyak informasi tentang copywriting seperti dari buku, atau dari kursus online seperti Program Ramadhan kali ini, Anda bisa ikut belajar Copywriting Berbasis NLP dalam Program " Pesantren Online, 21 Hari Jago NLP Copywriting" Tanpa Ribet, Tanpa Ketemuan, Tanpa Tapi, Tanpa Nanti, Langung dari HP Anda, Kapan Saja dan Di Mana Saja  Dan Anda bisa daftar sekarang di sini bit.ly/pesantrenonline atau di sini bit.ly/copywritingnlp

Jujur saja,
Kata guru Saya. . . 
Belajar copywriting itu tidak ada ruginya.
Karena dengan belajar copywriting secara tidak langsung kita sedang menambah saldo rekening kita.
Koq bisa??

Guru Saya melanjutkan.
Karena copywriting itu bersentuhan langsung dengan dunia penjualan.
Dan dalam bisnis, jualan adalah pintu masuknya uang.
Semakin laris hasil jualannya, maka semakin banyak uang yang di terima.

Logika diatas masuk akal untuk Saya.
Dan inilah yang bisa Saya pesankan ke Anda.

*"Mengejar ilmu Copywriting, itu menambah saldo Rekening"*
hehe

Dengan belajar, maka Anda semakin ahli.

Keluar uang untuk belajar copywriting, paling hanya sekian ratus ribu.
Tapi kalau ilmunya benar-benar di praktikan, maka bisa dapat berjuta-juta.Saya sudah membuktikanya
Investasi ratusan ribu, dapat jutaan. Untung atau untung banget?
hehe

Keluar uang sekali, ilmunya di pakai berkali-kali.
Oh ya, dapat transferannya berkali-kali juga, hehehe

Eh, ini koq jadi kemana-mana. .
Kembali ke materi yuk, hehe....

Saya akan sampaikan frasa elemen ketiga

DETAIL MANFAAT

Inilah bagian untuk menjelaskan produk Anda kepada pembaca.
Tapi sebelum itu, jika produk Anda tidak dikenal, maka sebelum menjelaskan manfaatnya, Anda perlu mengenalkan produknya.

Ya, kenalkan dulu, lalu jelaskan.
Jangan sampai salah, karena dalam copywriting, kalau gak kenal, maka gak beli, hehe.

Cara mengenalkannya bagaimana??

Anda bisa gunakan Frasa ini

_- Perkenalkan (Nama Produk)_
_- Untung ada (Nama Produk)_
_- Karena alasan itulah (Nama Produk) ada_
_- Tenang, sekarang ada (Nama Produk)_

Anda beritahu nama produknya, jelaskan itu produk apa, dan jelaskan hal-hal yang berhubungan dengan produk.

Setelah mengenalkan produknya, maka mulai jelaskan manfaatnya.

Frasa yang bisa di pakai seperti

_- Inilah yang akan Anda rasakan saat . . ._
_- Otomatis akan dapat . . ._
_- Sebelum . . .  ketahui dulu manfaat dari . . ._

Contoh penerapannya seperti ini

_- Di antara banyak manfaat vitamin ini, ada 5 manfaat utama yang perlu Anda ketahui. Dan inilah yang akan Anda rasakan saat rutin menkonsumsinya. (sebutkan poin-poin manfaatnya)_

_- Ketika seseorang ikut belajar di Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting,maka orang tersebut otomatis akan dapat ilmu yang keren, aplikatif bisa langsung di gunakan, dan tentunya bermanfaat untuk bisnis mereka_

_- Sebelum Anda daftar peluang emas ini, ketahui dulu manfaat dari bergabung menjadi member K-Link (sebutkan poin-poin manfaatnya)_

Tips dalam menulis Detail Manfaat

1. Sebutkan dalam poin-poin
Agar terlihat enak di baca, sebutkan manfaatnya dalam poin-poin. Minimal 4 dan maksimal 7 poin. Jika terlalu banyak, nanti seperti ngecap, hehe

2. Sebutkan 3 manfaat dalam 1 kalimat
Ini akan memberikan kesan bahwa produk Anda memiliki banyak kegunaan dan terlihat lebih menarik.

3. Menyentuh Ketakutan Pembaca iklan
Pastikan poin-poin atau manfaat yang Anda tuliskan dalam iklan Anda bisa menghilangkan masalah calon pembeli ketika mereka menggunakan produk Anda.

Okay, tidak terasa Kami sudah sampaikan banyak hal ke Anda. Lumayan lumayan, hehe

Sebenarnya masih ada 4 Elemen lagi yang mau Saya bahas.
Tapi nanti kepanjangan, jadi Kami potong untuk berikutnya aja ya...

Sekarang, Anda bisa coba frasa-frasa diatas untuk membuat copywriting Anda sendiri.
Silahkan coba berlatih menulis headline sampai detail manfaat produk Anda

Pada Materi keempat
Kami akan memberikan contekan lanjutannya.
Sekaligus, Kami akan beri tahu cara untuk membuat orang membeli tanpa menunda.

Hayoo, siapa yang sering ketemu calon pembeli yang tanya-tanya aja tapi gak transfer-transfer?
Ditunggu materi keempat ya...

Semoga bermanfaat

Semoga Anda  semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia, Amiin

Salam Hangat Penuh Cinta Kasih
@Jotrii

NB :

Terbatas untuk 300 orang peserta saja. Daftar sekarang ya Program Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting di sini bit.ly/copywritingnlp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..