Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Kamis, 31 Mei 2018

PO CWNLP #20

PO CWNLP #20

CARA RISET KONTEN DAN MEMBUAT PLAN UNTUK KONTEN MARKETING

Bismillah...

Content is king? Saya masih setuju ini. Itu kenapa perlu adanya riset sebuah konten marketing dan semuanya harus di rencanakan secara matang..

Mudahnya..
Jangan sampai konten anak anak kamu share ke orang dewasa. Ya salah kaprah. Simple kan? Hehe

Atau..

Mungkin menulis konten dan membagikannya jam 12 malam. Siapa yang mau baca?

Itulah kenapa harus di rencanakan dengan baik dan matang sekaligus teratur. Tidak bisa sembarangan membuatnya, dan juga tidak bisa sembarangan membagikannya..

Salah di awal..
Bisa berakibat fatal terhadap hasilnya juga, kan?

So, mari kita belajar bersama tentang konten marketing mulai dari riset hingga perencanaannya dari sekarang...

Dan berikut ini sedikit ilmu dari saya, yang mungkin bermanfaat untuk Anda..

#1 - SET GOAL UNTUK KONTEN YANG ANDA BUAT
Konten marketing itu banyak sekali macamnya. Nah, dari sekian banyak macamnya, tentu itu berkaitan erat dengan tujuan dan goal dari konten itu sendiri..

SET GOAL yang tepat, maka akan memberikan pengaruh besar kepada hasil dari konten tersebut..

Misal..
Konten jualan, Anda berikan kepada audience yang sama sekali belum kenal anda. Siapa yang mau beli?

Ingat!  ada namanya sales funnel atau corong penjualan. Anda bisa pelajari ini dengan sangat dalam di sini bit.ly/bikinkolamaja

Lanjut,

Sebaliknya..
Ketika Anda membagikan konten hanya untuk sharing2 ringan untuk menaikkan engagement kepada new audience Anda. Maka hasilnya akan kelihatan..

Tentu, targetnya juga harus jelas disini..
Misal, konten orang dewasa, ya harus konten tentang orang dewasa..

Dan seterusnya..

#2 - BUAT SUSUNAN PERSONA AUDIENCE YANG ANDA TARGETKAN
Persona audience ini harus spesifik agar lebih tertarget. Sehingga ketika Anda membuat konten (entah hire atau membuat sendiri), itupun tidak percuma..

Anda harus melakukan spesifikasi kategori setiap persona dengan jelas, mulai dari pekerjaannya apa, kerja dimana, keperluan sehari harinya apa, interestnya apa, kemudian tinggal dimana, aslinya darimana, handphonenya apa, browsernya apa, dan seterusnya.

Semua itu harus Anda susun dengan rapi!

#3 - BUAT OUTLINE KELENDER TERJADWAL
Nah, ini ada hubungannya juga dengan sistem funnel sekaligus targeting yang tepat..

Lagi lagi, Funnel, ya. Saya sederhanakan redaksinya dengan " cara bikin kolam ikan" yang bisa menghasilkan uang terus terusan.Buruan daftar kelasnya ya

Lanjut,

Misalnya, Anda hari minggu bikin konten tentang tutorial tertentu. Kemudian hari senin Anda buat konten yang berisi tentang opini Anda. baru kemudian di hari selasa membuat konten tentang review produk tertentu, dan seterusnya.

#4 - IDE KONTEN HASIL DARI RISET
Ide adalah batasan dalam membuat konten. Sebagian dari kita mungkin jika sudah membuat sebuah konten tertentu akan terasa lega sekali karena sebelum konten itu ada, kita harus melakukan riset dan pencarian ide yang luar biasa sulitnya.

Dari semua itu sebenarnya bisa kita lakukan untuk mencari ide dari google dan youtube. Dari trending2 platform mesin pencari, paltform social media, dari situ kita sudah tau, sebenarnya konten apa yang lagi di sukai oleh audience kita.

Terlebih lagi, kita misalnya kita punya tool untuk riset seperti the graph atau mungkin buzzsumo.

#5 - HASIL RISET YANG ADA HARUS ANDA JADWALKAN UNTUK DI BUAT SEBUAH KONTEN
Begitu hasil riset sudah ada
Begitu ide sudah mulai datang

Lalu langkah selanjutnya harus Anda jadwalkan kapan semua itu Anda realisasikan menjadi sebuah konten. Ini bisa jadi ada kaitannya dengan poin #3 tadi. Jadwal yang jelas akan membuat Anda merasa nyaman dalam mengendalikan konten marketing yang ingin Anda bagikan. Semakin Anda nyaman, maka untuk ke depan pun Anda akan semakin termotivasi untuk melanjutkan semua itu. Ini berlaku jika sebaliknya juga.

5 cara di atas bukan acuan pasti, masih begitu banyak cara lain yang bisa Anda kembangkan sesuai dengan pola dan cara yang Anda miliki saat ini dan ke depannya. Mudahnya, ketika Anda membuat sebuah konten, dalam konteks postingan artikel ini, jangan terlalu kaku dengan sebuah ide, konten, dan hasilnya. Try it now!

Semoga bermanfaat ya...

Ayo ayo, yang belum praktik, segera praktik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..