Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Sabtu, 02 Juni 2018

PO CWNLP #19

PO CWNLP #19

5 Jenis Konten Yang Bisa Meningkatkan Edge Rank Facebook Anda

Bismillah...

Hari ke 12 Ramadhan 1439 H
Mari kita lanjutkan meterinya

Di Indonesia banyak sekali online shop yang berjualan dengan menggunakan akun Facebook personal. Bukan tanpa alasan mereka menggunakan akun Facebook personal. Selain gratis, jualan dengan akun Facebook personal bisa lebih dekat dengan calon pembeli. Sehingga apabila sudah terbangun kedekatan dan kepercayaan maka closing pun akan lebih mudah.

Dengan berjualan lewat akun Facebook personal, para pemilik online shop juga bisa stalking calon pembelinya. Seperti kapan mereka ulang tahun, apa pekerjaannya, apa yang mereka keluhkan dan lain sebagainya. Sehingga dalam membangun interaksi akan lebih mudah.

Namun tidak sedikit pula para pemilik online shop yang di timelinenya dipenuhi dengan produk yang dia jual. Padahal prinsip jualan di sosial media itu orang suka belanja tetapi tidak suka dijuali. Dan inilah yang membuat Edge Rank menjadi turun. Banyak upload produk dengan copywriting yang ciamik, tetapi minim respon. Yang komen sedikit, terlebih yang kontak gak ada. Kalau ini dibiarkan lama-lama online shop Anda akan ditinggalkan.

Namun Anda jangan khawatir, kami punya solusinya untuk Anda, yaitu 5 Jenis Konten yang Bisa Meningkatkan Edge Rank Facebook Anda. Apa saja 5 jenis konten itu? Luangkan waktu Anda sejenak untuk membacanya hingga selesai.

5 jenis konten tersebut antara lain :

[1] Konten yang bersifat hiburan/ lucu-lucuan

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa orang suka menikmati diri mereka sendiri! Sehingga kalau Anda jualan di akun Facebook personal hanya posting barang dagangan saja lama-lama Anda akan ditinggalkan.

Jadi Anda perlu variasi konten. Dan konten yang bersifat hiburan atau lucu-lucan adalah konten yang tepat untuk membangun interaksi dengan calon pembeli Anda di Facebook.

Ada satu quote dari Buffer yang memperkuat hal ini.

Konten yang menghibur sering kali lucu, sering kali mudah dibagikan, dan seringkali dapat dengan cepat mengubah “perusahaan” menjadi “kelompok orang seperti saya.”

Beberapa konten yang masuk dalam kategori konten hiburan atau lucu-lucuan ini antara lain :

Memes
Lelucon
Nostalgia
Kontes & Giveaways
Teka-teki
Komik

Hannah Smith dari Distilled, sebuah online marketing agency yang ada di London, mengatakan :

Konten yang dibuat untuk menghibur mungkin tidak terkait langsung dengan produk / layanan Anda, namun untuk mendapatkan interaksi, konten harus menarik bagi target market Anda.

[2] Konten yang Menginspirasi

Anda masih ingat beberapa waktu yang lalu banyak sekali quotes dari Mario Teguh bertebaran di teimeline Anda? Atau mungkin quotes dari tokoh-tokoh lain sepeti AA Gym, Andrie Wongso, Mario Teguh  dan lain sebagainya. Quotes yang menginspirasi memang selalu populer. Namun itu hanya salah satu contoh saja.

Ada quotes dari Buffer yang cukup menarik :

Inspirasi terbaik sering datang dalam bentuk studi kasus, testimonial pelanggan dan cerita tentang kegagalan dan tantangan yang dihadapi orang-orang sukses di sepanjang jalan.

Untuk konten selain quotes yang termasuk dalam konten yang menginspirasi antara lain :

Trivia / fakta yang menakjubkan
Gambar yang mempengaruhi emosi
Cerita sukses dari orang ternama

[3] Konten Edukasi

Di dalam berjualan di sosial media kita butuh yang namanya personal branding dan authority. Dengan membangun konten-konten edukasi itu sebenarnya adalah proses membentuk perosnal branding dan authority Anda.

Syaratnya harus konsisten dan relevan. Kalau Anda jualan produk fashion ya postinglah konten edukasi yang berhubungan dengan fashion. Kalau Anda jualan produk herbal ya postinglah konten edukasi yang berhubungan dengan penyembuhan penyakit dengan cara alami.

Jangan sampai Anda jualan produk rumah tangga tapi Anda malah membahas bisnis dalam konten Anda. Ya gak nyambung. Manfaatnya akan terasa dalam jangka panjang. Begitu target market Andamerasakan keahlian Anda, mereka akan bersedia berinvestasi lebih banyak lagi pada produk yang Anda jual!

Berikut ini beberapa contoh konten edukasi yang bisa Anda pakai yang bisa menaikkan edge rank Anda :

Link menuju blog Anda dan orang lain yang masih relevan dengan produk yang Anda jual
Tips dan trik
Data-data hasil penelitian
Sumber daya gratis seperti tutorial dan strategi dalam bentuk ebook
Jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan
Studi kasus
Live streaming atau webinar

[4] Konten Percakapan

Jangan mentang-mentang friends list dan followers Anda sudah banyak, lalu Anda posting sesuka hati Anda. Ada waktunya Anda harus mendengarkan teman-teman Anda di Facebook.

Cara yang paling mudah adalah dengan bertanya. Misalkan Anda posting foto Monas di Jakarta. Tanyakan kepada target market Anda apakah mereka sudah pernah ke sana? bagaimana pendapat mereka tentang Monas? dan lain sebagainya.

Selain konten yang berupa pertnyaan, ada beberpa konten yang bisa menaikkan edge rank akun facebook Anda. antara lain :

Jajak pendapat/ Polling
Pro Kontra
Meminta nasihat
konten “Caption this” foto.

[5] Konten Promosi

Akhirnya, inilah konten yang paling Anda tunggu-tunggu! Namun sebelum Anda melakukan promosi di sosial media ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya :

Jangan jualan sebelum memposting 4 hal di atas. Kalau dalam sehari Anda 5 kali update status, Anda hanya punya jatah 1 posting untuk jualan.
Dalam berjualan Anda tidak boleh berjualan secara hard selling. Ingat selalu prinsip : orang suka belanja tetapi tidak suka dijuali.
Selau gunakan softselling dengan teknik copywriting atau covert selling. Supaya orang merasa tidak dijuali secara langsung.

Berikut adalah contoh konten promosi untuk meningkatkan edge rank Facebook Anda:

Produk gratis bagi yang mendaftarkan emailnya
Produk dan Layanan
Testimonial klien
Diskon

Itulah 5 jenis konten yang bisa meningkatkan edge rank Facebook Anda. Jenis konten di atas juga bisa diaplikasikan di Facebook Page. dalam dunia internet marketing kita mengenal istilah content is king, konten adalah raja.

Jadi sebagus apapun teknik Anda berpromosi, sehebat apapun Anda dalam mendatangkan pengunjung, tetapi kalau kontennya jelek tinggal menunggu waktu bisnis Anda akan ditinggalkan dengan sendirinya.

Mengerti?

================
Berikut adalah Ramuan #20 dan #21
Yakni MGS dan PTV/B

Apa itu?

Silahkan simak video berikut ini ya
https://youtu.be/F4gWU6KfnhQ

Tugas 11 Mana ya?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..