Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081337950735

Sabtu, 19 September 2020

6 Langkah Optimasi SEO Youtube

6 Langkah Optimasi SEO YouTube


Mari Kita lanjutkan Materi ke #2 dari Program 13 Hari Belajar SEO Youtube

Ada beberapa langkah yang bisa Kita lakukan untuk memaksimalkan SEO YouTube yang Kita miliki. Langkah itu terdiri dari

1. Ingat Berdo'a

2. Risert Keyword

Dalam panduan SEO YouTube Kita juga mengenal yang namanya kata kunci atau keyword. Sama halnya dengan konten yang ada pada website, Kita menempatkan kata kunci dengan kerapatan tertentu mulai dari kata kunci utama, turunan, hingga sinonimnya atau LSI.

Kata kunci pada YouTube akan menentukan posisi dari konten yang Anda buat. Misal kata kunci “cara membuat sambal”. Kata kunci ini tentu memiliki persaingan yang besar. Mereka yang memiliki viewers lebih banyak dan pengikut lebih besar akan berada di peringkat atas.

3. Buat Video dengan Kualitas Terbaik
Sama seperti Google, algoritma YouTube juga rumit dan sering berubah. Dengan kata kunci yang sama, bisa saja video Kita pada halaman pencarian kesekian dan miliki orang lain berada di daftar paling atas.

Dalam pencarian YouTube, video yang berada di atas adalah video yang dianggap paling sesuai dengan kata kunci atau relevan. Nah, sebelum melakukan berbagai optimasi mulai dengan melakukan riset kata kunci, ada baiknya Kita tahu jenis video yang disukai oleh YouTube itu sendiri, berikut selengkapnya.

Yang Perlu diperhatikan :

Editing
Orisinal
Durasi
Thumbnail
Selera Penonton / Target

4. Optimasi Metadata

Sebelumnya Kita sudah dapat banyak kata kunci atau keyword. Namun, Kita belum tahu di mana kata kunci itu harus diletakkan. Apakah harus di dalam video atau pada deskripsi, caption, tag, atau sejenisnya.

Pada bagian ini Kita akan membahas bagaimana optimasi SEO YouTube itu dilakukan dan di mana saja kata kunci di tempatkan.

5. Promosi Video

Setelah melakukan berbagai cara SEO YouTube di atas, apakah tugas ini sudah selesai? Jawabannya tentu tidak. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menarik banyak penonton video. Cara itu dilakukan dengan melakukan promosi.

6. Manfaatkan YouTube Analytics

Setelah menjalankan kelima langkah di atas, masih ada satu langkah lagi yang tidak kalah penting, yaitu evaluasi. Kita perlu melakukan evaluasi pada semua video yang sudah Kita rilis.

Bagaimana cara melakukan evaluasi video YouTube di channel Kita ?

Tenang, YouTube sudah menyediakan analytics tool. Cukup buka Studio YouTube lalu arahkan kursor ke bagian kiri dan klik Analytics.

Di situ Kita akan mendapatkan data analytics semua video Kita. Dari jumlah view, waktu tonton, jumlah subscriber, jangkauan setiap video, hingga engagement setiap video.

Dengan adanya data tersebut, Kita bisa menganalisis apa yang perlu Kita tingkatkan pada pembuatan video-video selanjutnya. Jadi Kita tidak merencanakan pembuatan video hanya berdasarkan asumsi, tetapi juga berdasarkan data dari video-video sebelumnya.

Sudah Siap Menerapkan SEO YouTube?

Semoga Bermanfaat

Q & A
Daftar Kursus Online WA 08133795075

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..